Sejarah Sabun Herbal

Dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran untuk memakai bahan natural seperti essential oil/minyak atsiri, ekstrak tanaman, dan bahan natural/herbal lain untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh semakin meningkatkan tren akan bahan kosmetik dan toiletris alami/natural. Sabun herbal atau natural atau organik adalah sabun yang bahan dasarnya dibuat dari bahan alami tanpa deterjen sintetik, demikian pula dengan bahan aktifnya, juga dari bahan organik yaitu buah-buahan, dedaunan, bunga, akar, biji,  minyak, yang berasal dari tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Herbal merupakan tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih untuk pengobatan dan semacamnya. Tanaman atau tumbuhan itu mencakup pengertian yang cukup luas karena bagian tumbuhan tidak hanya daunnya, tapi bisa berupa bijinya,  batangnya, buahnya ataupun akarnya.

Menurut peraturan menteri kesehatan republik Indonesia Nomor 246/Menkes/Per/V/1990,herbal termasuk dalam obat tradisional yang diartikan : setiap bahan atau ramuan bahan berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan galenik atau campuran dari bahan-bahan tersebut, yang secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman.

Kemudian perawatan herbal merupakan segala perawatan yang menggunakan atau memanfaatkan bahan-bahan alami. Perawatan tersebut bisa untuk perawatan menjaga atau membuat bagian tubuh kita semakin indah dan cantik, bisa juga digunakan untuk perawatan dalam proses penyembuhan (pengobatan).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s